Rabu, 17 Maret 2010

WILLIAM KAYE ESTES



William Kaye Estes menerima gelar B.A. pada tahun 1940 dan Ph.D. pada 1943 dari University of Minnesota, di bawah bimbingan dari BF Skinner. Ia menerima kehormatan D.Sc. derajat dari Indiana University pada tahun 1976 dan dari University of Minnesota pada tahun 1998. Setelah melayani di Army Air Force selama Perang Dunia II, ia mulai mengajar di Indiana University pada 1946, di mana dia tinggal sampai 1962, ketika ia bergabung dengan fakultas Universitas Stanford. Pada tahun 1968 ia pindah ke The Rockefeller University dan pada tahun 1979 ke Harvard University. Pada tahun 1999, dia kembali ke Indiana University di mana dia kini Profesor dari Psikologi dan Para Scholar dari Psikologi Cognitive dan Sains.

Estes adalah salah satu pendiri bidang matematika psikologi. Di lebih dari 60 tahun riset, ia telah menunjukkan bagaimana eksperimental dari pengamatan perilaku dapat dibandingkan dengan prediksi dari matematika atau model simulasi komputer. Menggunakan metode ini, ia memiliki dampak yang mendalam pada psikologi melalui banyak groundbreaking teoritis dan empiris studi tentang berbagai topik dalam belajar, memori, persepsi, pilihan, dan kategorisasi. Estes memberikan kontribusi besar untuk percobaan dan metodologi pemahaman dan penggunaan metode statistik dalam psikologi. Selain itu editorial dengan konstribusi besar, misalnya, menjabat sebagai Editor dari Journal of Comparative fisiologis dan Psikologi, yang Psychological Review, Sains dan psikologis.
Selain itu, Estes dilakukan besar sekali kontribusi sebagai pemimpin dari berbagai organisasi profesi di lapangan. Sebagai contoh, ia adalah salah satu pendiri dari Masyarakat Psychonomic dan Ketua kelompok yang mengatur Serikat untuk Mathematical Psikologi. Dia menjabat sebagai Ketua Dewan Pemerintahan yang Psychonomic Masyarakat, Ketua Serikat untuk Mathematical Psikologi, Presiden dari Midwestern Psychological Association, Presiden dari Divisi Eksperimental Psikologi dari American Psychological Association, Ketua dari Dewan Mathematical Ilmu Sosial, Wakil Presiden dari Federasi dari perilaku, psikologis, dan Cognitive Sciences, dan Ketua dari Psikologi Pasalnya American Association untuk kemajuan Ilmu Pengetahuan.
Estes' banyak termasuk penghargaan US National Medal of Science, Gold Medal Life Achievement Award untuk Sains dalam psikologis dari American Psychological Foundation, yang Warren Medal dari Masyarakat dari Eksperimental Psikolog, dan Para Penelitian Kontribusi Penghargaan dari American Psychological Association. Selain itu, Estes adalah Anggota National Academy of Sciences, a Fellow of the American Academy of Arts and Sciences, sebuah Life Anggota Kehormatan dari New York Academy of Sciences, dan William James Fellow dari American Psychological Society.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan pesan.....

  © Blogger templates The Professional Template and Copyright 2009 Http://duniaartikelpendidikan.blogsot.com 2009 ---------By suhartono (Email : suhartono_unm20@yahoo.com and FB : thono_jhoe_unm) --------

Back to TOP