Jumat, 08 Januari 2010

MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER

Haruskah . . . ??
S
eiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta komputerisasi hampir disegala aspek khidupan kita berpengaruh besar terhadap pola pikir, perilaku dan gaya hidup kita. Terlebih bidang pendidikan sebagai wahana yang mempersiapkan anak bangsa yang 'melek' teknologi informasi tidak boleh tidak untuk mengenalkan teknologi informasi kepada peserta didik agar tidak gamang menghadapo globalisasi.
Liding dongeng, sekolah berlomba-lomba melakukan 'komputerisasi' secara besar-besaran tidak kalah para guru TIK nya juga dikirimkan dalam berbagai kegiatan workshop atau pelatihan komputer sampai akhirnya para guru juga berlomba-lomba dan berebut membuat media pembelajaran berbasis komputer yang pada awalnya banyak yang sinis dan pesimis dengar berbagai alasan : tidak mampu, tidak mau atau mungkin tidak tau apa-apa tentang komputer. Hebatnya, sekarang guru juga berebut menggunakan ruang laboratorium komputer karena sudah menyusun skenario pembelajaran dengan media komputer, padahal ruang lab-nya hanya satu. Nah ...??
Peningkatan kemampuan dan kesadaran guru untuk mengenal dan menguasi teknologi informasi termasuk penggunaan komputer tentunya hal yang positif sekaligus membanggakan dan mengisaratkan 'peningkatan mutu' dengan membuat media pembelajaran berbasis komputer sehingga lebih menarik, komunikatif, adaptif dan yang paling prinsip dapat mengubungkan anak didik pada pemahaman yang nyata dan bermakna (katanya . . .).
Dilihat dari hal tersebut, tentu positif dan tidak ada alasan untuk memberikan penilaian negatif terhadap 'demam' guru dalam melakukan pembelajaran berbasis komputer. Tetapi akan berbeda maknanya ketika alasan/dasar yang melatarbelakanginya berbeda, mengapa ? karena tekonlogi informasi telah menjadi life style. Pertanyaannya, haruskah guru membuat media pembelajaran berbasis komputer agar dikatakan memiliki gaya hidup, atau agar disebut guru yang ahli komputer sehingga kemana-mana membawa laptop, ataukah memang benar-benar sebuah keharusan yang tak terhindarkan ?
Bagaimana menurut Anda . . . . . ??


1 komentar:

tinggalkan pesan.....

  © Blogger templates The Professional Template and Copyright 2009 Http://duniaartikelpendidikan.blogsot.com 2009 ---------By suhartono (Email : suhartono_unm20@yahoo.com and FB : thono_jhoe_unm) --------

Back to TOP