Sabtu, 03 April 2010

HARDWARE KOMPUTER

PENGERTIAN

Hardware merupakan perangkat keras dari komputer. Perangkat keras yang terpasang didalam komputer merupakan mesin yang bekerja untuk mengakses data. Perkembangan hardware cukup pesat dari tahun ketahun, ini terbukti dari perkembangan komputer dari spesifikasi yang awal sampai ketingkat spesifikasi yang lebih tinggi, sebagai contoh adalah perkembangan komputer yaitu : komputer Pentium I sampai Pentium yang lebih besar yaitu Pentium IV Core2Duo.

Gambar Hardware Komputer



Macam-macam Hardware Komputer meliputi :

1. MONITOR

Monitor adalah salah satu hardware pada komputer yang berfungsi untuk menampilkan gambar. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tinggat resolusi yang berbeda. Resolusi inilah yang menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar yang cembung, sampai dengan befntuk yang tipis dengan layar yang datar ( flat ). Menurut bentuknya Monitor dibedakan menjadi dua yaitu :

A. Monitor CRT ( Catoda Ray Tube ).
B. Monitor LCD ( Liquid Crystal Display ).

2. CPU ( Central Processing Unit ).

Hardware yang terpasang didalam CPU meliputi beberapa komponen, yaitu terdiri dari :

a. Processor

Processor sering disebut dengan otak dari komputer. Processor berfungsi untuk memproses semua data yang harus dilakukan oleh Komputer. Kekuatan Processor diukur dari frekuensinya.
Seperti contoh Processor Intel dibawah ini :
1.) Pentium I frekuensinya 75-200 MHz ( Mega Hertz )
2.) Pentium II frenkuensinya 300-450 MHz ( Mega Hertz )
3.) Pentium III frekuensinya 650-950 MHz ( Mega Hertz )
4.) Pentium IV :
- Pentium 4 biasa ( Socket 478 ) : frekuensinya 1.8 GHz
- Pentium 4 Dual Core : frekuensinya 2.0 GHz
- Pentium 4 Core2Duo yang frekuensinya lebih besar lagi.

Catatan :
Untuk Processor Pentium 4 Dual Core, maka Processornya dibaca dua di Device Manager, untuk itu frekuensinya dikalikan dua.

Makin besar frekuensi sebuah Processor, maka semakin cepat akses sebuah komputer. Jika komputer dihidupkan, maka processor akan langsung bekerja dan cepat naik suhunya. Oleh kerena itu setiap processor saat ini sudah dilengkapi dengan penyalur panas ( heat sink ) dan kipas pendingin.

b. Motherboard

Motherboard atau disebut dengan papan induk berfungsi untuk tempat alat utama CPU ( semua hardware pasti melekat pada motherboard ). Motherboard juga merupakan salah satu perangkat hardware dalan komputer yang digunakan sebagai tempat untuk memasang beberapa peralatan lain, seperti : Processor, Memory ( Ram ), kabel kabel data ( kabel penghubung ke Hardisk, CD Drive, Floppy Disk Drive), Card ( VGA, Sound, NIC) dan lain sebagainya. Bentuk motherboard seperti papan sirkuit elektronik.

c. Hardisk

Hardisk merupakan tempat penyimpanan data pada CPU. Jika hardisk dibuka, maka didalamnya terlihat logam sebagai tempat menulis data. Kecepatan putaran hardisk bervariasi. Ada yang 5400 putaran per menit, bahkan ada yang mencapai 7200 putaran per menit. Kemampuan sebuah hardisk biasanya ditentukan oleh banyaknya data yang bisa disimpan. Besarnya bervariasi, ada yang 20 GB, 40 GB, 80 GB, 160 GB, dan ada lagi yang lebih besar lagi

d. Ram ( Random Access Memory )

Memory atau RAM adalah unit memory yang dapat dibaca atau ditulis. Data didalam RAM bersifat volatile ( akan hilang jika power mati ). RAM hanya digunakan untuk menyimpan data sementara. Tujuan daripada RAM adalah mempercepat proses data pada komputer. Jadi kesimpulannya adalah makin besar kapasitas RAM, maka makin cepat proses pada komputer.

e. CD / DVD Drive

Fungsinya untuk membaca data dari CD atau DVD. Macam-macam pemutar CD atau DVD ada lima macam sesuai dengan generasinya, yaitu :
1 ) CD Rom : bisa membaca CD saja
2 ) CD RW : bisa membaca CD dan Burning CD
3 ) DVD Rom : bisa membaca CD dan DVD
4 ) DVD Combo : bisa membaca CD, DVD dan Burning CD
5 ) DVD RW : bisa membaca CD,DVD dan Burning CD, DVD

f. Power Suplay

Power Suplay berfungsi untuk memberikan arus listrik kesetiap komponen hardware yang terpasang di CPU. Biasanya membeli Chasing CPU sudah dapat Power Suplay.
Kalau lebih jelas lihatlah gambar Power Suplay dibawah ini :


3. STAVOL DAN SPEAKER

Stavol merupakan alat hardware komputer yang berfungsi untuk mengeluarkan tegangan listrik murni. Jadi keluaran dari stavol tegangannya pas 220 Volt. Maka setiap komputer harus memiliki stavol demi merawat kondisi hardware komputer supaya tidak rusak
Speaker merupakan alat output untuk mengasilkan atau mengeluarkan efek suara dari komputer

4. KEYBOARD DAN MOUSE

Keyboard merupakan input yang memiliki tombol seperti mesin tik dan beberapa tombol tambahan dengan berbagai fungsi. Keyboard digunakan untuk memasukkan data atau memberikan perintah pada komputer
Mouse merupakan peralatan masukan yang berfungsi untuk menggerakkan pointer dilayar untuk menjalankan perintah pada komputer.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tinggalkan pesan.....

  © Blogger templates The Professional Template and Copyright 2009 Http://duniaartikelpendidikan.blogsot.com 2009 ---------By suhartono (Email : suhartono_unm20@yahoo.com and FB : thono_jhoe_unm) --------

Back to TOP